Citra, Indah and Susatya, Agus and Emi, Agustina (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN TEKNIK PEMBEAJARAN MENYENANGKAN DENGAN HUMOR DI KELAS X SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![INDAH CITRA PDF.pdf [thumbnail of INDAH CITRA PDF.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
INDAH CITRA PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis
cerpen dengan teknik pembelajaran menyenangkan dengan humor pada siswa
kelas XC SMA Negeri 9 Kota Bengkulu dan untuk mengetahui hasil
pembelajaran menulis cerpen dengan teknik pembelajaran menyenangkan dengan
humor pada siswa kelas XC SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas, sedangkan metode yang digunakan adalah
metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali tindakan atau dua
siklus. Hasil Penelitian Tindakan Kelas menunjukkan (Siklus I), siswa mencapai
tujuan pembelajaran sebanyak 11 siswa dari 29 siswa dengan nilai rata-rata kelas
66,96%, hal ini berarti pada siklus I siswa yang tidak mencapai nilai ketuntasan
berjumlah 18 orang siswa karena masih ada siswa yang kurang berminat karena
metode yang dilakukan guru saat pembelajaran berlangsung sangat monoton
sehingga membosankan, pada pertemuan selanjutnya guru memberikan situasi
pembelajaran yang menyenangkan dengan memberi lelucon, humor dan plesetan,
sehingga pada siklus II, siswa yang mencapai tujuan pembelajaran sebanyak 26
siswa dari 29 siswa dengan nilai rata-rata kelas 73,41%. Meningkatnya hasil
pembelajaran itu juga dilihat dari hasil patokan nilai sikap siswa yang meningkat
setelah dilakukannya pembelajaran menulis cerpen dengan teknik pembelajaran
dengan humor. Hal ini menunjukkan bahwa teknik pembelajaran menyenangkan
dengan humor dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa secara
individu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PJ Semitic |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 16 Dec 2013 22:16 |
Last Modified: | 16 Dec 2013 22:16 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4652 |