Januwenti, Lita and M, Aripin and Agus , Joko Purwadi (2012) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2012/ 2013 DENGAN BERMAIN PERAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI PDF.pdf [thumbnail of SKRIPSI PDF.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (789kB)
Abstract
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah
Apakah dengan menggunakan Bermain Peran ini keterampilan berbicara
siswa SMP Negeri 18 Kota Bengkulu dapat meningkat. Penelitian ini
diterapkan dalam penelitian tindak kelas. Sebagai kelas tindakan
dilakukannya penelitian ini adalah kelas VII2 yang berjumlah 30 orang,
yang terdiri atas 23 siswa putri dan 7 siswa putra. Alasan memilih kelas VII
2 ini menjadi objek penelitian karena kelas ini merupakan kelas yang cukup
bagus di antara tujuh kelas yang lainnya. Penelitian tindakan ini
menggunakan metode penelitian tindak kelas yang bertujuan untuk
mendeskripsikan
kondisi awal keterampilan berbicara dan hasil
peningkatannya. Dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi
(pengamatan) dan tes lisan keterampilan berbicara. Berdasarkan hasil
analisis pada pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik
pembelajaran Bermain Peran pada siswa kelas VII SMP Negeri 18 Kota
Bengkulu dapat dikatakan berhasil. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua
siklus. Hasil Penelitian Tindakan Kelas menunjukan (siklus I), siswa
mencapai tujuan pembelajaran sebanyak 22 siswa dari 30 siswa dengan nilai
ketuntasan 72,33%, hal ini berarti pada siklus I siswa yang tidak mencapai
nilai ketuntasan berjumlah 8 siswa, karena masih ada siswa yang kurang
termotivasi pada saat pembelajaran berlangsung. Pada siklus kedua, siswa
yang mencapai tujuan pembelajaran sebanyak 25 siswa dari 30 siswa
dengan nilai ketuntasan 93,33%. Meningkatnya hasil pembelajaran dilihat
dari kedelapan aspek berbicara dengan berrmain peran. Hal ini menunjukan
walaupun pada siklus I target keterampilan berbicara yang diinginkan belum
tercapai, namun bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara
siswa secara individu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 10:32 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 10:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4678 |