Fauza, , Nur and Agus , Joko Purwadi and Supadi, Supadi (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI ENAM-M PADA SISWA KELAS X 3 MAN MODEL KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi.pdf [thumbnail of Skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran
menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan menggunakan strategi
Enam-M pada siswa kelas X 3 MAN Model Kota Bengkulu dan untuk
mengetahui hasil pembelajaran menulis cerpen dengan Startegi Enam-M pada
siswa kelas X 3 MAN Model Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas, sedangkan metode yang digunakan adalah metode
deskriptif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali tindakan atau dua siklus.
Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan (siklus I), siswa mencapai tujuan
pembelajaran sebanyak 16 siswa dari 22 siswa dengan nilai ketuntasan 72,73%,
hal ini berarti pada siklus I siswa yang tidak mencapai nilai ketuntasan berjumlah
6 orang siswa karena masih ada siswa yang kurang termotivasi pada saat
pembelajaran berlangsung. Pada siklus kedua, guru memberikan solusi jika siswa
belajar secara berkelompok dengan judul cerpen yang berbeda tiap kelompok,
sehingga pada siklus II, siswa yang mencapai tujuan pembelajaran sebanyak 19
siswa dari 22 siswa dengan nilai ketuntasan 86,36%. Meningkatnya hasil
pembelajaran itu juga dilihat dari hasil patokan nilai sikap siswa yang meningkat
setelah dilakukannya pembelajaran menulis cerpen dengan strategi Enam-M. Hal
ini menunjukkan walaupun target kemampuan menulis cerpen yang diinginkan
secara klasikal belum tercapai, namun strategi Enam-M dapat meningkatkan
kemampuan menulis cerpen siswa secara individu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 10:41 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 10:41 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4682 |