PENERAPAN TEKNIK TRI-FOKUS STEVE SNYDER UNTUK MENINGKATKAN KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA SISWA KELAS X BROADCASTING DI SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2012/2013

Rusdiana., Shelvy and Padi, Utomo and M, Aripin (2012) PENERAPAN TEKNIK TRI-FOKUS STEVE SNYDER UNTUK MENINGKATKAN KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA SISWA KELAS X BROADCASTING DI SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2012/2013. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of SKRIPSI SHELVY-2.pdf] Text
SKRIPSI SHELVY-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (761kB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan
teknik tri-fokus steve snyder dapat meningkatkan kecepatan efektif membaca siswa
kelas X Brodcasting di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu tahun ajaran 2012/2013?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecepatan efektif membaca siswa kelas
X Broadcasting dengan penerapan teknik tri-fokus steve snyder dalam pembelajaran
membaca cepat 250 kpm dengan pemahaman isi 75%. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yaitu dengan
siklus 1 dan siklus 2. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan
teknik tri-fokus steve snyder ini yaitu dengan cara melaksanakan latihan-latihan
membaca cepat dan melaksanakan pengukuran membaca cepat. Hasil penelitian
tindakan kelas siklus I menunjukkan, siswa yang mencapai tujuan pembelajaran
sebanyak 11 orang siswa dari 30 siswa, hal ini berarti pada siklus I siswa yang tidak
mencapai nilai ketuntasan belajar berjumlah 19 orang siswa karena masih banyaknya
siswa yang belum terbiasa dengan latihan-latihan dan pengukuran membaca cepat yang
telah diberikan, sehingga pada siklus II guru berusaha meningkatkan latihan dan
pengukuran membaca cepat siswa, sehingga pada siklus II ini siswa yang mencapai
tujuan pembelajaran sebanyak 20 orang siswa dari 30 siswa. Meningkatnya hasil
pembelajaran tersebut dilihat juga dari hasil patokan aktivitas siswa yang meningkat
setelah dilakukan pembelajaran membaca cepat 250 kpm dengan teknik tri-fokus steve
snyder. Hal ini menunjukkan walaupun target kecepatan efektif membaca yang
diingginkan secara kalasikal belum tercapai, namun teknik tri-fokus steve snyder dapat
meningkatkan kecepatan efektif membaca siswa secara individu. Kesimpulan akhir
penelitian ini adalah penerapan teknik tri-fokus steve snyder ini juga dapat
meningkatkan kecepatan efektif membaca siswa.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 11:00
Last Modified: 17 Dec 2013 11:00
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4691

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200