Atmiati, Riri and Elvinawati , Elvinawati and Kancono, Kancono (2012) PENERAPAN METODE INQUIRY DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI KELAS X 1 SMA NEGERI 1 PONDOK KELAPA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi-2.pdf [thumbnail of Skripsi-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia
siswa, aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran melalui penerapan metode
Inquiry dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT (Team Games
Tournament) di kelas X 1 SMA Negeri 1 Pondok Kelapa. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas X 1
SMA Negeri 1 Pondok Kelapa tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 37 siswa.
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana tiap siklus terdiri atas empat
tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Berdasarkan analisis lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar
siswa
diperoleh
kesimpulan
bahwa
penerapan
metode
inquiry
dengan
menggunakan model kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dapat
meningkatkan aktivitas guru dan siswa, serta dapat meningkatkan hasil belajar
siswa. Peningkatan aktivitas guru diketahui dari skor rata-rata lembar observasi
aktivitas guru pada siklus I: 44 dengan kategori baik, siklus II: 49 dengan kategori
baik, dan siklus III: 55 dengan kategori baik. Sedangkan aktivitas siswa diketahui
dari skor rata-rata lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I: 24 dengan
kategori cukup, siklus II: 28 dengan kategori cukup, dan siklus III: 37 dengan
kategori baik. Dan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I: nilai rata-rata
sebesar 71,7, daya serap 71,7 %, dan ketuntasan belajar 43,24 % dengan kriteria
belum tuntas; pada siklus II: nilai rata-rata sebesar 72,13, daya serap 72,13 %, dan
ketuntasan belajar 78,38 % dengan kriteria belum tuntas; dan pada siklus III: nilai
rata-rata sebesar 73,73, daya serap 73,73 %, dan ketuntasan belajar 89,19 % dengan
kriteria tuntas.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 11:32 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 11:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4708 |