Deka Riyanti , Endang and Irsal, Idris and Wahyu , Widiastuti (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN GERAKAN BRAIN GYM PADA SISWA KELAS VII SMP N 14 KOTA BENGKULU-,. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI ENDANG DEKA RIYANTI _A1C006007_-2.pdf [thumbnail of SKRIPSI ENDANG DEKA RIYANTI _A1C006007_-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ENDANG DEKA RIYANTI _A1C006007_-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (12MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan
Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Gerakan
Brain Gym Pada Siswa Kelas VII SMP N 14 Kota Bengkulu agar dapat
meningkatkan hasil belajar siswa serta meningkatkan aktifitas siswa.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMPN 14 Kota Bengkulu
semester ganjil tahun ajaran 2010-2011 yang berjumlah 36 orang, terdiri dari 19 siswa
laki-laki dan 17 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas dengan tiga siklus.
Dari analisis hasil belajar kognitif yang dilihat dari hasil tes siswa pada siklus
I diperoleh nilai rata-rata secara klasikal yaitu 66,53, kemudian pada siklus II nilai
rata-rata siswa meningkat menjadi 71,53. Selanjutnya pada siklus III nilai rata-rata
siswa meningkat menjadi 76,94. Persentase keberhasilan belajar secara klasikal juga
mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus I persentase keberhasilan belajar
yaitu 55,56%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 75%. Selanjutnya
persentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus III meningkat menjadi
88,89%. Dari hasil observasi diperoleh aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I
diperoleh skor 30 dengan kriteria cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi
33,5 dengan kriteria baik. Selanjutnya pada siklus III jumlah skor mencapai 36,5
dengan kriteria baik.
Penelitian ini menunjukkan bahwa jika penerapan Pembelajaran Kooperatif
Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Gerakan Brain Gym dapat
meningkatkan hasil belajar serta aktifitas siswa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 11:47 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 11:47 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4712 |