Fuji Astuti, Fitri and Hartanto, Hartanto and Effie , Efrida Muchlis (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Di SD Negeri 69 Kota Bengkulu,-. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI FITRI.pdf [thumbnail of SKRIPSI FITRI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FITRI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan
pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada pengajaran
matematika dapat meningkatkatkan hasil belajar siswa serta untuk mengetahui
bagaimana mengaktifkan dan respon siswa terhadap pembelajaran matematika
yang menerapkan pendekatan PMRI.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu
penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas
pembelajaran di dalam kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas IIIc
yang berjumlah 35 orang.Adapun instrument penelitian ini adalah tes siklus,
lembar observasi siswa dan wawancara siswa. Data dari instrument dianalisis
secara deskriptif.
Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan kesimpulan
sebagai berikut: (1)Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan
masalah matematika dengan pembelajaran dengan pendekatan PMRI dapat
diupayakan dengan penggunaan LKS yang berisikan masalah kontekstual dan
langkah-langkah penuntun siswa dalam menemukan konsep. Hal ini dapat dilihat
dari rata-rata nilai tes siklus siswa yang mengalami peningkatan tiap siklus
berturut-turut yaitu 53,55 , 64,44 dan 73,32. Terdapat juga peningkatan ketuntasan
belajar siswa secara klasikal yaitu 22,99%, 50% dan 75%. (2)Penerapan
pembelajaran dengan pendekatan realistik dapat mengaktifkan siswa dalam
kegiatan proses pembelajaran di mana siswa terlibat langsung dalam menemukan
konsep-konsep awal dan bebas mengkomunikasikan ide-ide mereka. Peningkatan
keaktifan siswa dalam dilihat dari hasil rata-rata skor observasi siswa yang
mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus III berturut-turut yaitu: 16
(kurang aktif), 20 (cukup aktif), dan 27 (aktif). (3)Siswa memberikan respon
positif terhadap kegiatan belajar dengan menggunakan pendekatan PMRI.
Terbukti dari hasil wawancara dengan beberapa siswa yang menyatakan menyukai
pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI dan dapat membantu mereka
dalam menyelesaikan permasalahan matematika.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 11:56 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 11:56 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4714 |