Pengaruh Iklim Belajar dan Lingkungan Belajar Rumah terhadap Hasil belajar Matematika Pokok Bahasan Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa di Kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu

Oktanti, Lisa and Rudi , Rudi and Nurul, Astuty Yensy (2012) Pengaruh Iklim Belajar dan Lingkungan Belajar Rumah terhadap Hasil belajar Matematika Pokok Bahasan Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa di Kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of SKRIPSI LISA.pdf] Text
SKRIPSI LISA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklim belajar di
rumah terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu,
pengaruh lingkungan belajar di rumah terhadap hasil belajar matematika pokok
bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VII
SMPN 7 Kota Bengkulu, dan pengaruh iklim belajar di rumah dan lingkungan
belajar di rumah terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu yang
berjumlah 147 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan cara cluster dan
terpilih sebagai sampel berjumlah 50 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian
kausal komparatif. Data iklim belajar di rumah dan lingkungan belajar di rumah
diperoleh dengan angket dalam bentuk pertanyaan dengan pengskoran nilai,
sedangkan hasil belajar matematika siswa diperoleh dari hasil tes dalam bentuk
soal objektif dengan empat alternatif jawaban.
Berdasarkan hasil analisis tes iklim belajar di rumah terhadap hasil belajar
matematika pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
siswa kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu didapat bahwa ada pengaruh yang
positif dan signifikanantara iklim belajar di rumah terhadap hasil belajar
matematika pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
siswa kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu sebesar 86,99%. Demikian juga dari
hasil analisis tes lingkungan belajar di rumah terhadap hasil belajar matematika
pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas
VII SMPN 7 Kota Bengkulu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara
kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas
VIII SMPN 7 Kota Bengkulu sebesar 42%. Dan berdasarkan tes pengaruh iklim
belajar di rumah dan lingkungan belajar di rumah secara bersama-sama terhadap
8
hasil belajar matematika pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear
satu variabel siswa kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu terdapat pengaruh yang
positif dan dignifiakan antara pengaruh iklim belajar di rumah dan lingkungan
belajar di rumah terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu
sebesar 68,1 %.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 12:01
Last Modified: 17 Dec 2013 12:01
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4717

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200