Eldiana, , Liyente. and Rusdi, Rusdi and Saleh, Haji (2012) PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM PENGAJARAN REMEDIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI - LIYENTE ELDIANA-2.pdf [thumbnail of SKRIPSI - LIYENTE ELDIANA-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI - LIYENTE ELDIANA-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui bagaimana cara menerapkan metode
tutor sebaya dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pengajaran
remedial untuk meningkatkan hasil belajar matematika, sikap dan aktivitas siswa
kelas X SMA Negeri 9 Bengkulu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dan dilakukan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu:
Rencana tindakan → Pelaksanaan Tindakan → Observasi → Refleksi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Bengkulu semester genap tahun
ajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian ini adalah
lembar tes siswa, angket, observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dari observasi dan hasil tes dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Hasil belajar siswa remedial meningkat
setiap siklus dengan cara guru memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa
tutor. Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 56,4, siklus II 73,21 serta di siklus
III 91,67. Untuk ketuntasan belajar secara klasikal, yaitu pada siklus I 56,25%,
siklus II 90,63%, serta di siklus III meningkat menjadi 100%. (2) Sikap siswa
sangat baik terhadap pembelajaran matematika dengan penerapan metode tutor
sebaya dalam pengajaran remedial dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa
(LKS) yaitu dengan cara diadakannya remedial dalam pembelajaran matematika
dengan menggunakan bantuan dari teman sebaya. Hasil perhitungan angket sikap
siswa meningkat setiap siklusnya, pada siklus I untuk sikap kurang 4,17%, sikap
cukup 20,83%, sikap baik 50%, dan sikap sangat baik 25%. Siklus II, sikap siswa
sangat baik 64,29% dan sikap baik siswa 35,71%, serta untuk sikap siswa sangat
kurang, kurang, dan cukup sudah tidak ada. Pada siklus III, sikap siswa sangat
baik menjadi 66,67% dan sikap siswa baik menjadi 33,33%. (3) Untuk
meningkatkan keaktifan siswa dapat dilakukan dengan cara guru memberikan
arahan, melatih dan membimbing siswa untuk aktif saat proses pembelajaran
berlangsung, serta memberikan teguran atau hukuman kepada siswa yang
melakukan kegiatan kurang relevan terhadap kegiatan belajar mengajar. Pada
siklus I adalah 16,5 dengan kriteria kurang, ini karena siswa belum terbiasa
dengan metode tutor sebaya dalam pengajaran remedial. Pada siklus II meningkat
menjadi 22,5 dengan kriteria cukup efektif, meningkat di siklus III menjadi 27,5
dengan kriteria baik dan sudah efektif. Sehingga indikator keberhasilan untuk
aktivitas siswa dikatakan tercapai.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 12:06 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 12:06 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4718 |