PENGARUH PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I PONDOK KELAPA

Febry Ardiyanto, Rian and Saleh, Haji and Dewi , Rahimah (2012) PENGARUH PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I PONDOK KELAPA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of SKRIPSI RIAN FEBRI ARDIYANTO.pdf] Text
SKRIPSI RIAN FEBRI ARDIYANTO.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini untuk melihat pengaruh pengajaran langsung (Direct Instruction) terhadap
hasil belajar dan motivasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1Pondok Kelapa pada Semester Genap tahun ajaran
2011/2012. Metode Penelitian ini adalah Metode Quasi Eksperimen. Sampel diambil secara simple
random sampling dan populasi terjangkau (siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pondok Kelapa).
Berdasarkan rata-rata Nilai Raport diperoleh kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII
G sebagai kelas Kontrol. Kelas Eksperimen pembelajarannya dilaksanakan dengan pengajaran
langsung (Direct Instruction)
sedangkan kelas Kontrol pembelajarannya dilaksanakan dengan
Pembelajaran KonvensionL.Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket
motivasi belajar matematika dalam bentuk posttest yang diberikan pada kedua sampel penelitian.
Uji coba instrument dilakukan dikelas VIII A untuk melihat validitas dan reabilitas butir tes.Data
hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan t-test. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan
maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengajaran langsung berpengaruh signifikan terhadap hasil
belajar dan motivasi belajar matematika. Hal ini dapat dinyatakan berdasarkan hasil perhitungan uji
t, diperoleh thitunguntuk hasil belajar = 5,824, dan thitunguntuk motivasi belajar adalah 4,009. Nilai
ini lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel, dimana nilai t dalam tabel adalah 1.991.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 12:09
Last Modified: 17 Dec 2013 12:09
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4720

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200