PERBANDINGAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PONDOK KELAPA

Syaputra, Tri and Saleh, Haji and Nurul, Astuty Yensy (2012) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PONDOK KELAPA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Tri Syaputra (A1C008047)-2.pdf] Text
Skripsi Tri Syaputra (A1C008047)-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil dan motivasi belajar matematika
siswa yang diajar dengan pendekatan problem posing lebih tinggi daripada hasil dan motivasi
belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP
Negeri 1 Pondok Kelapa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D
sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen pembelajarannya dilaksanakan dengan pendekatan
problem posing sedangkan kelas kontrol pembelajarannya secara konvensional. Data hasil
penelitian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang telah
dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan
pendekatan problem posing lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar
secara konvensional di kelas VIII SMP Negeri 1 Pondok Kelapa. Hal ini dinyatakan
berdasarkan hasil uji signifikan menggunakan uji-t dengan menggunakan bantuan software
SPSS versi 16.0 dengan taraf nyata ? = 0,05 diperoleh nilai p sig (2-tailed) < 0,05.
Sedangkan untuk motivasi belajar siswa, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar
matematika siswa yang diajar dengan pendekatan problem posing sama dengan hasil belajar
matematika siswa yang diajar secara konvensional di kelas VIII SMP Negeri 1 Pondok
Kelapa. Hal ini dinyatakan berdasarkan hasil uji signifikan menggunakan uji-t dengan
menggunakan bantuan software SPSS versi 16.0 dengan taraf nyata ? = 0,05 diperoleh nilai
p sig (2-tailed) > 0,05.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 12:24
Last Modified: 17 Dec 2013 12:24
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4725

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200