Susanti, Erma and Pudji , Hartuti and Norman, Syam (2012) PENINGKATAN NILAI-NILAI AGAMA MELALUI METODE BERNYANYI DI PAUD KENCANA KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SUSAN PDF-2.pdf [thumbnail of SUSAN PDF-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SUSAN PDF-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan nilai-nilai agama
melalui metode bernyanyi di PAUD Kencana. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas dengan 2 siklus dan teknik pengumpulan data, yaitu
observasi, wawancara dan data dokumentasi.
Ada 15 perilaku yang menjadi indikator tingkat pemahaman siswa, 7 perilaku
untuk siklus I, dan 8 perilaku pada siklus II yang dibagi menjadi II
pertemuan, dengan pengkategorian baik untuk penguasaan 10-15 perilaku,
sedang untuk 5-10 perilaku, dan kurang untuk penguasaan 1-5 perilaku
yang bisa dilakukan siswa. Subjek penelitian adalah 10 orang siswa PAUD
Kencana.
Hasil penelitian menunjukan 6 orang siswa mampu menguasai atau
mengamalkan 10-15 perilaku, 3 orang siswa mampu menguasai atau
melakukan 5-10 perilaku dan 1 orang siswa hanya bisa melakukan 1
perilaku. Tingkat penguasaan ini juga dipengaruhi oleh usia siswa, interaksi
atau peran dari lingkungan ana, baik sekolah maupun rumah tempat tinggal.
Kesimpulan yang bisa diambil adalah metode bernyanyi dapat meningkatkan
pemahaman anak akan nilai-nilai agama dan bisa menjadi metode alternatif
dalam menanamkan nilai agama kepada siswa didik.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 12:39 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 12:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4732 |