MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP

Handayani, Lola and Nina, Kurniah and Afifatus , Sholihah (2012) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of SKRIPSI LOLA HANDAYANI.pdf] Text
SKRIPSI LOLA HANDAYANI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan
kemampuan berbicara anak melalui metode bercakap-cakap adapun subtema
penelitian ini adalah pengucapan kata, pengembangan kosa kata, mengekspresikan
kata. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan
berbicara anak melalui metode bercakap-cakap di Taman Kanak-kanak Sandhy
Putra Telkom Kota Bengkulu. Subtema dalam penelitian ini yaitu kelompok B2
berjumlah 6 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Penelitian tindakan kelas ini
dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. hasil
penelitian ternyata metode bercakap-cakap dapat mengembangkan kemampuan
berbicara anak khususnya aspek pengucapan kata, pengembangan kosa kata,
mengekspresikan kata telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Data
dikumpulkan dengan analisis data secara deskriptif kualitatif. Dalam menerapkan
metode bercakap-cakap dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak.
Seorang guru direkomondasikan mencontohkan , menjelaskan, memberi
penguatan dan media yang bervariasi untuk mempersiapkan hal-hal yang
mendukung perkembangan berbicara anak.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 13:16
Last Modified: 17 Dec 2013 13:16
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4752

Actions (login required)

View Item
View Item