Sulastri, Nita and Nina, Kurniah and M, Nasirun (2012) PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SAINS PADA ANAK USIA DINI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![NITA SULASTRI A1I008031.pdf [thumbnail of NITA SULASTRI A1I008031.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NITA SULASTRI A1I008031.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Fokus permasalahan penelitian ini (1) apakah penerapan metode inquiry
dapat meningkatkan aktivitas belajar sains anak, (2) faktor-faktor apa saja yang
mendukung aktivitas belajar sains anak dengan penerapan metode inquiry, (3)
faktor-faktor apa saja yang menghambat aktivitas belajar sains anak dengan
penerapan metode inquiry di Kelas B1 Taman Kanak-Kanak Negeri Satu Atap
Desa Tengah Padang Bengkulu Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian
anak-anak kelas B1 yang berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan cara persentase. Kesimpulan
penelitian ini adalah proses pelaksanaan pembelajaran dengan penerapkan metode
inquiry dapat meningkatkan aktivitas belajar sains anak. Persentase rata-rata enam
aspek aktivitas belajar sains anak siklus I sebesar 57,8% meningkat di siklus II
menjadi 85,55%. Adapun faktor yang mendukung aktivitas belajar sains anak
antara lain rasa keingintahuan anak yang tinggi dan pembimbingan yang intensif
oleh guru. Sedangkan faktor yang menghambat aktivitas belajar sains anak antara
lain disiplin anak yang kurang pada saat proses pembelajaran dan beberapa media
yang digunakan belum dikenal atau diketahui anak.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 13:24 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 13:24 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4756 |