Risti Dwi Putri, Pebri and Afifatus , Sholihah and Normansyah, Sendi (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK LESTARI DESA SRIKATON. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![PEBRI RISTI DWI PUTRI.pdf [thumbnail of PEBRI RISTI DWI PUTRI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PEBRI RISTI DWI PUTRI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah ”Apakah
kemampuan membaca permulaan anak bisa meningkat melalui metode SAS?”.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan
anak melalui metode SAS dengan aspek penilaian, yaitu kata, suku kata dan
huruf. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang
dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi.
Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Lestari Desa Srikaton
tahun 2012 dengan jumlah anak 19 orang (10 laki-laki dan 9 perempuan) rata-rata
usia 5 sampai 6 tahun. Penelitian ini menggunakan data dengan membuat lembar
observasi dan tes tindakan. Teknik analisis data penelitian tindakan kelas ini
menggunakan uji persentase, sedangkan instrumen pengumpulan datanya
menggunakan lembar observasi anak dan lembar observasi guru. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan anak,
pada siklus 1 pertemuan pertama (43%), pertemuan kedua (50%), pertemuan
ketiga (62%) dan pada siklus 11 pertemuan pertama (69%), meningkat pada
pertemuan kedua (76%), meningkat lagi pada pertemuan ketiga (87%), dari hasil
penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca anak di TK
Lestari sudah tercapai dengan peningkatan 87%. Diharapkan kepada guru yang
mengajar di TK khususnya di TK Lestari Desa Srikaton agar lebih meningkatkan
kemampuan membaca anak dengan metode Sas dalam kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 13:29 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 13:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4757 |