MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA PADA KELOMPOK B PAUD PUTRI SELEBAR KOTA BENGKULU

SG, Susilawati and Pudji , Hartuti and Norman, Syam (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA PADA KELOMPOK B PAUD PUTRI SELEBAR KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of SKRIPSI SUSILAWATI SG.pdf] Text
SKRIPSI SUSILAWATI SG.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan berhitung pada anak kebanyakan belum meningkat
dengan belajar secara langsung tanpa menggunakan media. Salah satu
upaya meningkatkan kemampuan berhitung pada anak dengan bermain kartu
angka. Adapun tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan
berhitung anak dengan bermain kartu angka pada anak kelompok B di PAUD
Putri Selebar Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap
siklus tiga kali pertemuan, berisi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Subjek penelitian adalah kelompok B PAUD Putri Selebar Kota
Bengkulu yang berjumlah 12 orang, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 5 anak
perempuan. Data yang dikumpulkan dengan teknik praktek langsung dan
observasi. Dan dapat disimpulkan dari hasil observasi pada siklus I
kemampuan berhitung anak 41,7% yaitu 5 orang dari 12 orang anak. Dan
pada siklus II kemampuan berhitung anak meningkat 79,2% yaitu 9 orang
dari 12 orang anak. Dengan tema Alam Semesta dan sub tema Matahari,
bulan dan bintang.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan bermain kartu angka
ternyata dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Berarti dengan
menggunakan media permainan ternyata dapat meningkatkan kemampuan
yang dimiliki oleh anak sehingga dapat disarankan bagi guru, orang tua murid
untuk dapat menggali lagi media atau jenis permainan yang dapat
meningkatkan kemampuan berhitung anak.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 13:43
Last Modified: 17 Dec 2013 13:43
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4765

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200