Joyo , Tausi and Susetyo, Susetyo and Agus , Trianto (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X TEKNIK JARINGAN KOMPUTER (TKJ) SMKN 1 SELUMA TAHUN AJARAN 2011/2012 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN SEKOLAH. Masters thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Tesis - Aceng Joyo.pdf [thumbnail of Tesis - Aceng Joyo.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis - Aceng Joyo.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam
menulis karangan deskripsi dengan model pembelajaran berbasis lingkungan sekolah
dan untuk mendeskripsikan perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis
karangan deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis lingkungan
sekolah.Desain penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan
dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa keterampilan menulis karangan
deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis lingkungan sekolah.
Teknik nontes berupa perilaku siswa dari hasil observasi, jurnal, wawancara, dan
dokumentasi foto pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Seluma. Teknik analisis data
dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Kedua teknik tersebut
dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II, baik data tes
maupun data nontes. Dari data tes dapat diketahui peningkatan nilai menulis karangan
deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis lingkungan sekolah,
yaitu sebesar 8,28 dari nilai 71,20 pada siklus I menjadi 79,48 pada siklus II meskipun
masih berada pada kategori baik. Artinya keterampilan siswa dalam menulis karangan
deskripsi dengan model pembelajaran berbasis lingkungan sekolah pada setiap
aspeknya, siswa kelas X mampu mengembangkan ide dan topik yang sesuai serta
menggambarkannya dengan cukup jelas.Penyusunan kalimat cukup baik dan unsur-
unsurnya cukup jelas, penulisan ejaan dan tanda baca cukup tepat, pemilihan kata
cukup baik sesuai dengan isi, keterpaduan antara kohesi dan koherensi cukup utuh,
penggunaan pencitraan yang sudah cukup lengkap, dan mampu memusatkan uraian
pada objek yang ditulis. Hasil analisis data nontes menunjukkan adanya peningkatan
perilaku, siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Seluma mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 14:25 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 14:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4776 |