Desbi Sinta, Barbara and Agus, Sundaryono and Saleh, Haji (2012) PENGARUH EKSTRAK DAUN NANGKA KUNING TERHADAP KADAR SGPT DAN SGOT HATI MENCIT YANG DIINDUKSI PARACETAMOL SEBAGAI SUMBER BELAJAR (LKS) BERBASIS KONSTRUKTIVIS DI SMAN BINGIN TELUK. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![TESIS BARBARA.pdf [thumbnail of TESIS BARBARA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS BARBARA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (487kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun nangka
kuning terhadap kadar SGPT dan SGOT hati mencit yang diinduksi
paracetamol dan menemukan bentuk LKS berbasis konstruktivis yang
efektif untuk meningkatkan hasil belajar serta mengetahui ada tidaknya
perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan LKS
berbasis konstruktivis dengan yang tidak menggunakan LKS berbasis
konstruktivis di SMAN Bingin Teluk. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan dua tahapan yaitu tahapan pertama dimulai dengan
penelitian pengaruh ekstrak daun nangka kuning terhadap kadar SGPT
dan SGOT hati mencit yang diinduksi dengan paracetamol dengan
menggunakan tiga dosis yaitu dosis 55 mg/kg bb, 110 mg/kg bb dan 220
mg/kg bb dalam tiga lama perlakuan yaitu 7 hari, 14 hari dan 21 hari.
Mencit yang digunakan sebanyak 30 ekor dan pada akhir lama perlakuan,
mencit diambil darahnya untuk dihitung kadar SGPT dan SGOTnya. Dari
hasil penelitian diperoleh data ekstrak daun nangka kuning yang dapat
menurunkan kadar SGPT hati mencit adalah dosis 220 mg/kg bb dengan
lama perlakuan 21 hari yaitu 89.94 U/I dan kadar SGOT hati mencit yaitu
135.03 U/I. Dari hasil penelitian tahap pertama dilanjutkan dengan
pembelajaran dalam bentuk sumber belajar siswa (LKS) berbasis
konstruktivis di SMAN Bingin Teluk. Pembelajaran diberikan pada
kelompok eksperimen yang menggunakan LKS berbasis konstruktivis dan
kelompok kontrol yang tidak menggunakan LKS berbsais konstruktivis.
Berdasarkan uji t didapat harga t hitung 3.78 dan pada taraf beda nyata 0.05
didapat harga tabel 1.67 dengan derajat kebebasan 55, dengan demikian t
hitung> ttabel dapat diartikan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Dapat
disimpulkan bahwa sumber belajar siswa(LKS) berbasis konstuktivis yang
digunakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMAN Bingin Teluk.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Natural Resource Management |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 14:34 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 14:34 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4779 |