Husaini, Husaini and Sarwanto, Sarwanto and Kancono, Kancono and Eko, Swistoro (2012) PENGARUH AKUMULATOR TERHADAP KESTABILAN OUTPUT DAYA PADA SEL SURYA DAN IMPLEMENTASI DALAM PEMBELAJARAN DAYA DAN ENERGI LISTRIK DI KELAS III ELEKTRONIKA SMK NEGERI 1 CURUP. Masters thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Tesis (edited).pdf [thumbnail of Tesis (edited).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis (edited).pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan
arus listrik dan tegangan listrik pada akumulator (baterai) terhadap
kestabilan output daya pada sel surya, dan mengetahui perbedaan
hasil belajar yang menggunakan metode eksperimen dengan
metode diskusi pada konsep daya dan energi listrik. Rangkaian sel
surya dihubungkan dengan baterai yang divariasi empat macam
dan diamati kuat arus dan tegangannya. Sampel pada penelitian
pendidikan dipilih dua kelas yaitu III Elektronika yang diberi
perlakuan pembelajaran dengan metode eksperimen yang
berjumlah 34 orang dan III Otomotif yang diberi perlakuan
pembelajaran dengan metode diskusi yang berjumlah 25 orang.
Untuk penelitian sel surya, diperoleh hasil bahwa t0 = -125,927-
7,323, t1 = 2,817-7,456 dan t2 = -0,187-7,625 dan ttabel, (t0,05;df=148) =
1,960. Sedangkan untuk implementasi dalam pembelajaran,
instrumen yang digunakan mempunyai validitas antara 0,42-0,67,
tingkat kesukaran antara 0,35-0,65, daya beda antara 0,42-0,79,
dan mempunyai reliabilitas 0,79. Data yang diperoleh dari
pengamatan sel surya dianalisis dengan analisa regresi berganda
dimana disimpulkan bahwa penggunaan baterai dengan empat
macam variasi berpengaruh terhadap kestabilan output daya pada
sel surya. Sedangkan data dalam penelitian pendidikan dianalisis
dengan menggunakan uji-t. Sebelum dilakukan uji-t terlebih dahulu
dilakukan uji Homogenitas dan uji Normalitas sebagai persyaratan
uji-t. Hasil yang diperoleh dari uji-t menunjukkan t hitung = 1,844 dan
t tabel = 1,670 pada taraf signifikan, α = 0,05, dimana t hitung > t tabel.
Ini berarti hasil belajar dengan metode eksperimen lebih baik dari
hasil belajar dengan metode diskusi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Science Education Program |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 15:02 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 01:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4791 |