KARAKTERISTIK PEMBAKARAN BRIKET ARANG CAMPURAN SEKAM PADI DAN SERBUK KAYU SERTA IMPLEMENTASINYA SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN DENGAN LKS KIMIA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES DI SMA NEGERI 3 LUBUKLINGGAU

Fajari, Iwan and Aceng, Ruyani and Budianto, Gusnadi and Lutfi, Firdaus (2012) KARAKTERISTIK PEMBAKARAN BRIKET ARANG CAMPURAN SEKAM PADI DAN SERBUK KAYU SERTA IMPLEMENTASINYA SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN DENGAN LKS KIMIA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES DI SMA NEGERI 3 LUBUKLINGGAU. Masters thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of TESIS IWAN FAJARI A2L010026.pdf] Text
TESIS IWAN FAJARI A2L010026.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian bertujuan untuk (1) membandingkan karakteristik
pembakaran briket arang campuran sekam padi dan serbuk kayu pada berbagai
variasi komposisi, (2) membandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan
menggunakan model pembelajaran dengan LKS berbasis keterampilan proses
dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran dengan LKS berbasis
keterampilan proses dan (3) mengetahui model pembelajaran dengan LKS
berbasis keterampilan proses yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Sekam padi dan serbuk kayu diarangkan dan dihaluskan, kemudian dicampurkan
dengan 10% massa tapioka sebagai perekat. Campuran arang dan perekat
selanjutnya diambil 50 gram untuk dicetak sebagai briket. Variasi campuran arang
sekam dan arang serbuk kayu dibagi menjadi 4 variasi yaitu variasi (K1), (K2),
(K3), (K4). Perbandingan variasi arang sekam : arang serbuk kayu untuk K1 =
80%: 20 %, K2 = 60%: 40 %, K3 = 40% : 60 % dan K4 = 20%: 80 % . dari
keempat variasi komposisi selanjutnya di uji karakteristik pembakarannya dengan
proses water boiling test, untuk mengetahui kecepatan pembakaran, massa briket
yang terpakai, konsumsi spesifik briket, waktu mendidihkan air, total kalor
terpakai, dan efisiensi kalor briket. dari hasil penelitian, diperoleh hasil kecepatan
pembakaran briket (14,05 g/men ~ 19,02 g/men), massa briket terpakai (183 gram
~ 211 gram), konsumsi spesifik (0,205 ~ 0,233), waktu mendidihkan air ( 10,55
men ~13,06 men) , total kalor terpakai ( 1.022 kkal ~ 1.058 kkal), efisiensi kalor
(11,75% ~ 12,69 %) . pada uji statistik anava disimpulkan bahwa total kalor
terpakai dan efisiensi kalor briket berbeda tidak nyata, tetapi memberikan hasil
berbeda nyata terhadap kecepatan pembakaran briket, briket terpakai, waktu
mendidihkan air, dan konsumsi spesifik briket. Data pos tes hasil belajar siswa
kelas kontrol dan kelas eksperimen yang di uji statistik dengan Uji Mann whitney
di peroleh data Uhitung = 58 dan Utabel = 72. Berdasarkan data Uhitung < Utabel , dapat
di tarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunakan model pembelajaran
dengan LKS berbasis keterampilan proses terhadap hasil belajar kimia siswa di
SMA Negeri 3 Lubuklingau . Model pembelajaran yang efektif menggunakan
LKS berbasis keterampilan proses adalah dengan menyertakan sebuah kegiatan
aktif belajar sains bagi siswa seperti melakukan pengamatan, merangkai alat
percobaan, melakukan percobaan, menggoranisasikan data, merumuskan jawaban,
menyimpulkan hasil dan mengkomunikasikan hasil.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Natural Resource Management
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 15:06
Last Modified: 17 Dec 2013 15:06
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4793

Actions (login required)

View Item
View Item