Edison, Edison and Wachidi, Wachidi and Suhirman, Suhirman (2012) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMA NEGERI I CURUP KOTA. Masters thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Tesis.pdf [thumbnail of Tesis.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi di SMA Negeri I Curup
Kota Kabupaten Rejang Lebong. Simpulan dalam penelitian ini adalah :
Pertama, perencanaan untuk mata pelajaran TIK dimulai dari standar
kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok pembelajaran, kegiatan
pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi
waktu dan sumber belajar. Bentuk administrasi pembelajarannya adalah
program tahunan, program semester, silabus dan rencana pelaksanaan
pembelajaran. Kedua, proses pembelajaran dimulai dengan apersepsi,
mengaktipkan sarana multimedia, mengabsen siswa, membuka tampilan
program flasdisk dan cd, menyampaikan materi, mengadakan tanya jawab
dan menyimpulkan materi pembelajaran.Ketiga, dalam melaksanakan
evaluasi mata pelajaran TIK lebih dahulu merumuskan tujuan-tujuan
evaluasi, aspek-aspek yang dievaluasi adalah aspek kognitif, afektif dan
psikomotor. Adapun teknik yang digunakan adalah teknik tes dan non tes
dan praktek. Sebelum menyusun instrumen dilakukan dengan beberapa
langkah, seperti penetapan tujuan penilaian, merumuskan indikator yang
hendak dicapai, menyusun kisi-kisi soal barulah kemudian disusun
instrumennya. Penentuan standar dan tolak ukur penilaian disesuaikan
dengan tingkat kesukaran soal.
Berdasarkan simpulan di atas, dalam
penelitian ini penulis dapat menyampaikan saran : Pertama, kepada
sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran teknologi informasi
dan komunikasi dengan mengirimkan guru untuk mengikuti pelatihan-
pelatihan atau mengajukan permohonan guru yang benar-benar berlatar
belakang dari Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kedua, bagi guru
komputer agar dapat lebih meningkatkan kualitas pembelajarannya
sehingga kompetensi para siswa dalam penguasaan multimedia akan
lebih meningkat pula. Ketiga, bagi para siswa agar dapat mengikuti
pembelajaran komputer dengan multimedia secara sungguh-sungguh,
disiplin memiliki motivasi yang tinggi dan membudayakan belajar mandiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Unspecified > Journal |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 15:25 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 15:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4800 |