PENERAPAN COOPERATIFE LEARNING TIPE JIGSAW MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IVA SDN 26 KOTA BENGKULU)

Kustiawan, Hendi and Endang , Widi Winarni and Karjiyati, Karjiyati (2013) PENERAPAN COOPERATIFE LEARNING TIPE JIGSAW MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IVA SDN 26 KOTA BENGKULU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-hen.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-hen.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas IVA SD Negeri 26 Kota Bengkulu dengan menerapkan Cooperatife Jigsaw Melalui Metode Eksperimen. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SD Negeri 26 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru, siswa, pengamatan afektif dan psikomotor dan lembar tes. Dari analisis data menunjukkan bahwa siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 28,75 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II sebesar 37,25 dengan kriteria baik. Nilai rata-rata skor observasi siswa sebesar 27,5 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II sebesar 36,5 dengan kriteria baik. Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 70% pada siklus II meningkat menjadi 80%. Untuk pengamatan afektif pada siklus I meningkat di siklus II yaitu, terutama pada aspek mematuhi mengalami peningkatan dari 50% pada siklus I menjadi 72,5% pada siklus II. Untuk pengamatan psikomotor pada siklus I meningkat di siklus II yaitu, terutama pada aspek sikap mengoreksi dari 57,5% menigkat menjadi 77,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Cooperatife Learning Tipe Jigsaw Melalui Metode Eksperimen dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa kelas IVA SD Negeri 26 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2013 12:27
Last Modified: 18 Dec 2013 12:27
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4892

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200