ENGLISH TEACHERS’ STRATEGIES IN QUESTIONING AND RESPONDING TO STUDENTS’ QUESTIONS AT THE SECOND-GRADE OF SMAN 6 BENGKULU IN THE 2011/2012 ACADEMIC YEAR,.

Hartini, Hartini and Azwandi, Azwandi and Syahrial , Syahrial (2012) ENGLISH TEACHERS’ STRATEGIES IN QUESTIONING AND RESPONDING TO STUDENTS’ QUESTIONS AT THE SECOND-GRADE OF SMAN 6 BENGKULU IN THE 2011/2012 ACADEMIC YEAR,. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Thesis Hartini-0.pdf] Text
Thesis Hartini-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (408kB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui strategi guru bahasa Inggris dalam
bertanya dan merespon pertanyaan siswa di kelas Dua SMAN 6 Bengkulu tahun
akademik 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan subyek
penelitian ini adalah dua orang guru bahasa Inggris yang mengajar di kelas dua
SMAN 6 Bengkulu. Data dikumpulkan dengan menggunakan ceklis dan perekam
video. Data dianalisa dengan menggunakan langkah-langkah berikut: 1)
mentranskripsikan hasil rekaman ke dalam bentuk tulisan, 2) mengidentifikasi
strategi guru, 3) mengelompokkan strategi-strategi guru, 4) menghitung
pertanyaan dan respon guru dengan menggunakan formula persentase utuk
mencari frekuensi setiap pertanyaan dan respon yang digunakan oleh guru. Hasil
menunjukkan bahwa dari seluruh strategi bertanya yang digunakan, strategi yang
paling sering digunakan oleh guru adalah mengulangi pertanyaan (57%) dari
seluruh strategi bertanya, menunda jawaban dari siswa (23.8%), menggugah
siswa untuk memprediksi jawaban (19%), dan memberikan informasi tambahan
(9.5%). Dalam merespon pertanyaan siswa, hasil menunjukkan bahwa strategi
yang paling sering digunakan oleh guru adalah menjawab pertanyaan siswa
secara langsung, sebanyak 63.6% dari seluruh respon, menunda menjawab
pertanyaan siswa (18.2%), meminta mengulangi pertanyaan siswa (13.6%), dan
mengarahkan diskusi sesama siswa (4.6%). Kesimpulannya, strategi bertanya
guru belumlah ideal karena paling banyak yang digunakan adalah mengulangi
pertanyaan, begitupun dengan strategi merespon pertanyaan siswa yang mana
strategi yang mengarahkan diskusi diantara siswa belum cukup banyak
digunakan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 13:48
Last Modified: 18 Dec 2013 13:48
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4903

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200