PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 97 SELUMA

Mahardin, Mahardin and Daimun , Hambali and Hasnawati, Hasnawati (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 97 SELUMA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-mah.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (476kB)
[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-mah.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (556kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 97 Kecamatan Semidang Alas Kabupaten Seluma. Rumusan masalah pada penelitian ini apakah proses pembelajaran yang
mengunakan model Kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitan Tindakan Kelas ( Classroom Action Research) yang telah dilaksanakan dalam dua
siklus, dalam setiap siklus terdiri dalam empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksananaan tindakan, tahap observasi, tahap refleksi. Instrumen yang digunakan
terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar tes tertulis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ini mengunakan wawancara, pengamatan/observasi dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yaitu data tes dianalisis dengan
mengunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar, data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria skor dan kriteria nilai. Hasil yang dicapai
dalam penelitian ini adalah pada siklus I diperoleh rata-rata skor observasi guru 28,5 dengan kreteria baik dan pada siklus II rata-rata skor observasi guru 35,5 dengan
kriteria baik, hasil analisi ketuntasan belajar klasikal 64% dengan nilai rata-rata 6,35. Pada siklus I diperoleh hasil analisis observasi siswa 24,5 dengan kategori baik dan
pada siklus II hasil analisis observasi siswa 33 dengan kreteria baik, nilai rata-rata hasil observasi 7,5 dengan ketuntasan klasikal 93 %. Demikian dapat disimpulkan
bahwa pengunaan model kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas V siswa SD Negeri 97
Seluma.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2013 14:04
Last Modified: 18 Dec 2013 14:04
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4910

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200