Kurniawan. , Dedi and Wurjinem, Wurjinem and Rita , Sinthia (2012) Penerapan Metode Brainstorming melalui Media Visual untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas V SD Negeri 35 Kota Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Dedi Kurniawan.pdf [thumbnail of Skripsi Dedi Kurniawan.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Dedi Kurniawan.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran
IPS siswa kelas VSekolah Dasar Negeri 35 Kota Bengkulu dengan cara penerapan
metode Brainstorming melalui media Visual. Penelitian yang dilakukan adalah
penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak
dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 35 Kota
Bengkulu pada semesterItahun pelajaran 2012/2013. Instrumen yang digunakan
adalah lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu observasi dan tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi,
skor terendah, selisih skor, dan kisaran untuk tiap kriteria sedangkan data tes
dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan
belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) pada siklus I
diperoleh nilai lembar observasi aktivitas guru sebesar 31,25dengan kategori cukup
dan nilai lembar observasi aktivitas siswa sebesar 31,25 dengan kategori
cukup,sedangkan dari 34 orang siswa dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar
52,93%, dan mendapat nilai rata-rata sebesar 58,96, (2) pada siklus II diperoleh nilai
lembar observasi aktivitas guru sebesar 41 dengan kategori baik dan nilai lembar
observasi aktivitas siswa sebesar 40,75 dengan kategori baik, sedangkan dari 34
orang siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 77,93% dengan nilai rata-rata
sebesar71,09. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan
Metode Brainstorming melalui media Visual dapat Meningkatkan Kualitas Proses
dan Hasil BelajarSiswa Kelas V SDNegeri35Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 14:21 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 14:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4915 |