PENERAPAN MODEL KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) MELALUI METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 38 KOTA BENGKULU

Susanti, , Deni and Wurjinem, Wurjinem and Ansyori , Gunawan (2012) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) MELALUI METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 38 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Deni Susanti.pdf] Text
Skripsi Deni Susanti.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas
IV SD Negeri 38 Kota Bengkulu, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dengan model STAD melalui
metode Talking Stick. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus
terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap
observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar
observasi guru dan siswa, pengamatan afektif dan psikomotor. Data tes dianalisis
dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal.
Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor
observasi guru sebesar 38,25 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat
sebesar 43,25 dengan kriteria baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor
observasi siswa sebesar 36 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat sebesar
42,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada
siklus I sebesar 46,87% dengan nilai rata-rata 76,31 pada siklus II meningkat
menjadi 81,25% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 83,43. Untuk
pengamatan afektif pada siklus I dengan perolehan kategori baik sebanyak 11
siswa dan pada siklus II meningkat mencapai 12 siswa dengan rata-rata aspek
afektif berkembang dari kategori cukup hingga mencapai kategori baik. Demikian
pula untuk pengamatan psikomotor pada siklus I dengan perolehan kategori baik
sebanyak 19 siswa pada siklus II dan meningkat sebanyak 29 siswa untuk setiap
aspek psikomotor dari kategori cukup menjadi baik. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa Penerapan model kooperatif tipe Student Team Achievement
Divisions (STAD) melalui metode Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas
pembelajaran dan hasil belajar siswa (IPS “ Kenampakan Alam dan Macam-
macam Sumber Daya Alam” kelas IV SD Negeri 38 Kota Bengkulu).

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 14:35
Last Modified: 18 Dec 2013 14:35
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4917

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200