Darmadi, , Didik and Hasnawati, Hasnawati and Abdul, Muktadir (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER MELALUI MODEL QUANTUM WRITER (QW) BERBASIS LINGKUNGAN SISWA KELAS IV E SDN 79 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Didik Darmadi..pdf [thumbnail of Skripsi Didik Darmadi..pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Didik Darmadi..pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas
IV E SD Negeri 79 Kota Bengkulu, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas
pembelajaran, hasil belajar dan pengembangan karakter siswa dalam mata
pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan model Quantum Writer (QW)
Berbasis Lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus
terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap
observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar
observasi aktivitas guru dan siswa, pengamatan afektif dan psikomotor serta
obeservasi pengembangan karakter. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-
rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data
menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi aktivitas guru
sebesar 46,25 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat sebesar 52 dengan
kriteria baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi aktivitas siswa
sebesar 46 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat sebesar 51 dengan
kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar
50% dengan nilai rata-rata 67,63 pada siklus II meningkat menjadi 76,67%
dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 74,8. Untuk pengamatan afektif pada
siklus I dengan rata-rata 11,1, dan pada siklus II meningkat mencapai 12,27
dengan rata-rata aspek afektif berkembang dari kategori cukup hingga mencapai
kategori baik. Demikian pula untuk pengamatan psikomotor pada siklus I dengan
rata-rata 7,53 dan meningkat pada siklus II sebanyak 10,1 untuk setiap aspek
psikomotor dari kategori cukup menjadi baik, sedangkan pengembangan nilai-
nilai karakter sikap bersahabat berkembang paling pesat dengan 38,33%,
sedangkan nilai Disiplin paling rendah berkembang secara konsisten (MK) yaitu
hanya 31,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model
Quantum Writer (QW) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan
Deskripsi serta proses pembelajaran, hasil belajar dan pengembangan karakter
khususnya siswa kelas IV E SD Negeri 79 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 14:44 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 14:44 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4919 |