PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MEDIA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS

Anjasari, Kristian Mike and Karjiati, Karjiati and Sri , Dadi (2013) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MEDIA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-mik.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-mik.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Instruction dengan media lingkungan, meningkatkan aktivitas pembelajaran, meningkatkan hasil belajar, dan mengembangkan karakter siswa.Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru, siswa, afektif, psikomotor, dan pengembangan karakter. Hasil analisis meliputi: (1) Langkah-langkah
pembelajaran model Problem Based Instruction dengan media lingkungan; (a) Orientasi siswa pada masalah dengan lingkungan, (b) Mengorganisasikan siswa untuk belajar, (c) Membimbing penyelidikan, (d) Mengembangkan dan
menyajikan karya, (e) Menganalisis dan mengevaluasi. (2) Aktivitas pembelajaran; (a) Aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata 33 kategori “Cukup”,meningkat siklus II sebesar 43,5 kategori “Baik”, (b) Aktivitas siswa siklus I
diperoleh rata-rata 30,5 kategori “Cukup”, meningkat siklus II sebesar 41 kategori “Baik”. (3) Hasil belajar; (a) Kognitif: rata-rata nilai LKS siklus I sebesar 61,66
ketuntasan belajar 50%, meningkat siklus II sebesar 82,5 ketuntasan belajar 100%. Rata-rata nilai tes siklus I sebesar 67,72 ketuntasan belajar 69,69%meningkat siklus II sebesar 76,21 ketuntasan belajar 87,87%, (b) Afektif siklus I diperoleh 16 siswa kategori “Baik”, meningkat siklus II diperoleh 23 siswa kategori “Baik”, (c) Psikomotor siklus I dengan 19 siswa kategori “Baik”,meningkat siklus II dengan 28 siswa kategori “Baik”. (4) Pengembangan karakter
kategori “MK” siklus I: Demokrasi 75,75%, Disiplin 51,51%, Kreatif 57,57%,Rasa ingin tahu 48,48%, Bersahabat 54,54%, Peduli lingkungan 60,60%.Meningkat siklus II: Demokrasi 81,81%,Disiplin 66,66%, Kreatif 69,69%, Rasa Ingin Tahu 57,57%,Bersahabat 69,69%, Peduli Lingkungan 72,72%. Kesimpulan Penerapan model Problem Based Instruction dengan media lingkungan dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan mengembangkan karakter khususnya siswa kelas VD SD Negeri 42 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2013 14:59
Last Modified: 18 Dec 2013 14:59
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4923

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200