Maryani. , Eci and Dalifa, Dalifa and Ansyori , Gunawan (2012) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMEN MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (IPA KELAS IV SD NEGERI 60 KOTA BENGKULU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Eci Maryani.pdf [thumbnail of Skripsi Eci Maryani.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Eci Maryani.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di
kelas IV SD Negeri 60 Kota Bengkulu, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA dengan model TGT melalui
metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus
terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap
observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar
observasi guru dan siswa, pengamatan afektif dan psikomotor. Data tes dianalisis
dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal.
Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor
observasi guru sebesar 38 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat sebesar
43,25 dengan kriteria baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi
siswa sebesar 36 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat sebesar 42,5
dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I
sebesar 43,75% dengan nilai rata-rata 74,29 pada siklus II meningkat menjadi
81,25% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 83,28. Untuk pengamatan
afektif pada siklus I dengan perolehan kategori baik sebanyak 10 siswa dan pada
siklus II meningkat mencapai 30 siswa dengan rata-rata aspek afektif berkembang
dari kategori cukup hingga mencapai kategori baik. Demikian pula untuk
pengamatan psikomotor pada siklus I dengan perolehan kategori baik sebanyak 16
siswa dan pada siklus II meningkat sebanyak 31 siswa untuk setiap aspek
psikomotor dari kategori cukup menjadi baik. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa Penerapan model kooperatif tipe Team Games Tournament
(TGT) melalui metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil siswa
(IPA
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 15:01 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 15:01 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4924 |