Murman, Murman and Daimun, Hambali and Hasnawati, Hasnawati (2013) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VI SDN 130 SELUMA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III,1-13-mur.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (451kB)
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V,LAMP,1-13-mur.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (433kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn kelas VI SD Negeri 130 Seluma.Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus
terdiri 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes. Tehnik analisis data yaitu data tes dianalisis
dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria skor kiasaran. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I
diperoleh hasil analisis observasi guru 26,5 dengan kriteria cukup hasil analisis observasi siswa 18,5 dengan kriteria kurang nilai rata-rata hasil tes 5,8 dengan ketuntasan klasikal 50 %. Pada siklus II mengalami peningkatan di peroleh hasil analisis observasi guru menjadi 31,5 dengan kriteria baik,hasil analisis observasi siswa 31 dengan kriteria baik nilai hasil tes dengan
rata-rata 7,3 dengan ketuntasan klasikal 85 %. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Problem Based Instruction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VI SD 130 Seluma
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 15:04 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 15:04 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4925 |