Gusmita, Neki and Osa, Juarsa and Nani , Yuliantini (2013) PENGGUNAAN MEDIA AJAR COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION(CAI) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS VA SDN 27 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V,LAMP,1-13-nek.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III,1-13-nek.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (16MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa di kelas Vb SDN 38 Kota Bengkulu dengan mengunakan media ajar Computer Assisted Intruction (CAI) dan model ccoperative learning tipe teams games tournament (TGT). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah guru
dan siswa kelas Va SDN 27 Kota Bengkulu pada semester I tahun pelajaran 2012/2013. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil yang diperoleh adalah: (1) siklus I diperoleh nilai aktivitas guru sebesar
46,25 dengan kategori baik, aktivitas siswa sebesar 45,75 dengan kategori cukup.Hasil kognitif siswa sebesar 74,03 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 58,06%, nilai afektif siswa sebesar 8,48 dan hanya 6 siswa yang dinyatakan
tuntas, psikomotor siswa sebesar 7 dan hanya 8 siswa yang dinyatakan tuntas. (2) siklus II diperoleh nilai aktivitas guru sebesar 55 dengan kategori baik, aktivitas siswa sebesar 53, 75 dengan kategori baik. Hasil kognitif siswa sebesar 78,86 dengan ketuntasan belajar klasikal 83,87%, afektif siswa sebesar dan sudah 20 siswa yang dinyatakan tuntas, nilai psikomotor siswa sebesar 8 dan 17 siswa
sudah dinyatakan lulus. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa mengunakan media ajar Computer Assisted Intruction (CAI) dan model ccoperative learning tipe teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas Va SDN 27 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 15:16 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 15:16 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4926 |