Arfianto, , Edo and Endang , Widi Winarni and Resnani, Resnani (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 69 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Edo Arfianto.pdf [thumbnail of Skripsi Edo Arfianto.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Edo Arfianto.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa yang
diajarkan menggunakan model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)
dibandingkan siswa yang diajarkan dengan Model Kooperatif Tipe
Numbered Head Together (NHT) Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen dengan populasi siswa kelas V SDN 69 Kota Bengkulu.
Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Purposive Sampling
sehingga diperoleh kelas Vb yang berjumlah 39 siswa sebagai kelas
eksperimen I, kelas Vc yang berjumlah 38 siswa sebagai kelas
eksperimen II, dan kelas Va sebagai kelas uji coba instrumen. Instrumen
penelitian berupa tes hasil belajar aspek kognitif, lebar observasi siswa
aspek afektif pada sikap ilmiah, dan lembar observasi siswa aspek
psikomotor pada keterampilan proses. Berdasarkan uji hipotesis
menggunakan Uji-t dua sampel independen, diperoleh hasil belajar aspek
kognitif thitung 2,14 > ttabel 1,67 pada taraf signifikan 5% dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan
aspek kognitif siswa antara model Kooperatif Tipe Think Pair Share
(TPS) dan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Uji-
t yang dilakukan pada hasil belajar aspek afektif pada sikap ilmiah
diperoleh thitung 1,26 ttabel 1,67 pada taraf signifikan 5% dapat
disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang
signifikan antara hasil belajar aspek afektif pada sikap ilmiah siswa
antara model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Model
Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Uji-t yang dilakukan
pada hasil belajar aspek psikomotor pada keterampilan proses diperoleh
thitung 1,37 ttabel 1,67 pada taraf signifikan 5% dapat disimpulkan
bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara hasil
belajar aspek psikomotor pada keterampilan proses siswa antara model
Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Model Kooperatif Tipe
Numbered Head Together (NHT)
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 15:12 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 15:12 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4927 |