Primadona, , Elza and Daimun , Hambali and Dalifa, Dalifa (2012) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGGUNAKAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA PADA SEBUAH KARANGAN DI KELAS IVA SDIT IQRA’2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Elza Primadona.pdf [thumbnail of Skripsi Elza Primadona.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Elza Primadona.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesalahan penggunaan huruf
kapital dan tanda baca pada sebuah karangan di SDIT IQRA’2 Kota Bengkulu.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data utama
berasal dari karangan siswa kelas IVA SDIT IQRA’2 Kota Bengkulu dan sumber data
tambahan yaitu dokumen-dokumen yang berhubungan dengan penelitian berupa buku
EYD. Teknik pengumpulan data adalah studi analisis berupa karangan siswa. Teknik
analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah: mengumpulkan
data hasil karangan siswa, mengidentifikasi kesalahan berdasarkan aspek kesalahan,
membahas masing-masing kesalahan sesuai dengan aspek-aspeknya, menghitung
persentase setiap aspek kesalahan huruf kapital dan tanda baca, dan menentukan
kriteria persentase setiap aspek kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian, masih banyak
ditemukan kesalahan penggunaan huruf kapital yaitu di judul, penggunaan nama
orang, penggunaan awal kalimat, penggunaan nama bangsa, penggunaan nama
instansi dan tempat, penggunaan nama hari dan bulan, penggunaan petikan langsung,
penggunaan sapaan. Kesalahan penggunaan tanda baca dalam karangan ditemukan
tanda baca titik, kesalahan penggunaan tanda baca koma, kesalahan penggunaan
tanda baca titik dua, dan kesalahan penggunaan tanda baca kutip. Kesalahan yang
ditemukan setiap aspek jumlahnya berbeda-beda. Guru juga harus memprogram dan
merencanakan kegiatan pembelajaran dengan sebaik-baiknya.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 15:28 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 15:28 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4932 |