Putro. Purwono, , Enggal and Sri , Ken Kustianti and Ansyori , Gunawan (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN PKN KELAS VA SDN 61 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Enggal Putro Purwono.pdf [thumbnail of Skripsi Enggal Putro Purwono.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Enggal Putro Purwono.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar
siswa mata pelajaran PKn dengan menerapkan kolaborasi model problem based
learning dengan metode role playing dengan langkah-klangkah dimulai dari
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Instrumen yang digunakan
terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa, pengamatan afektif dan
psikomotor. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase
ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I
diperoleh nilai rata-rata skor observasi aktivitas guru sebesar 41 dengan kriteria
cukup, pada siklus II meningkat sebesar 52,25 dengan kriteria baik. Pada siklus I
diperoleh nilai rata-rata skor observasi aktivitas siswa sebesar 38,75 dengan
kriteria cukup, pada siklus II meningkat sebesar 48,5 dengan kriteria baik. Hasil
analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 63,3% dengan
nilai rata-rata 7,29 pada siklus II meningkat menjadi 86,6% dengan nilai rata-rata
meningkat menjadi 8,12. Untuk pengamatan afektif pada siklus I dengan
perolehan kategori baik sebanyak 10 siswa dan pada siklus II meningkat mencapai
24 siswa dengan rata-rata aspek afektif berkembang dari kategori cukup hingga
mencapai kategori baik. Demikian pula untuk pengamatan psikomotor pada siklus
I dengan perolehan kategori baik sebanyak 10 siswa dan meningkat sebanyak 24
siswa pada siklus II untuk setiap aspek psikomotor dari kategori cukup menjadi
baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model
problem based learning dengan metode role playing dapat meningkatkan
aktivitas pembelajaran dan hasil belajar PKn khususnya siswa kelas VA SD
Negeri 61 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 15:40 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 15:40 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4936 |