Farantika, , Fera and Pudji , Hartuti and Sri , Irawati (2012) PENGARUH DONGENG DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK KELAS IV DI SD NEGERI 81 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Fera Farantika.pdf [thumbnail of Skripsi Fera Farantika.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Fera Farantika.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Permasalahan umum penelitian ini ialah apakah ada pengaruh dongeng dengan
media video terhadap keterampilan menyimak anak kelas IV di SD Negeri 81
Kota Bengkulu. Dengan adanya permasalahan tersebut maka, penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dongeng dengan media video
terhadap keterampilan menyimak anak kelas IV di SD Negeri 81 Kota Bengkulu
yang dilaksanakan dengan menggunakan penelitian pra-eksperimen design
metode one group pretest-posttest. Instrumen penelitian ini menggunakan non tes
dengan angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara menggunkan rumus korelasi
product moment, korelasi ganda, dan parsial (uji F). Hasil analisis data dalam
bentuk perhitungan dan narasi. Dari analisis data didapatkan bahwa pada saat
pretest dongeng dan menyimak tidak terdapat hubungan signifikan 5%, dilihat
dari rhitung < rtabel (-0,068 < 0,254). Pada saat posttest mendapatkan hubungan
yang signifikan 5% dari dongeng, media video, dan menyimak, terlihat dari
rhitung> rtabel. Hubungan antara dongeng dan menyimak (0,557 > 0,254), hubungan
antara media video dan menyimak (0,361 > 0,254), dan hubungan antara dongeng
dan media video (0,358 > 0,254). Setelah itu ketiga hubungan ini dimasukkan ke
dalam rumus korelasi ganda dengan signifikan 5%. Ketiga hubungan ini
mendapatkan hasil Rhitung > Rtabel (0,583 > 0,254). Terakhir menggunakan rumus
parsial (uji F) untuk melihat seberapa besar pengaruh dongeng dengan media
video terhadap menyimak. Perhitungan ini mendapatkan hasil Fhitung > Ftabel (15,45
> 2,79). Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh dongeng
dengan media video terhadap keterampilan menyimak anak kelas IV di SD Negeri
81 Kota Bengkulu. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dongeng dan
media video dapat mempengaruhi keterampilan menyimak anak kelas IV di SD
Negeri 81 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 15:58 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 15:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4944 |