Febrianti , Israini. and Sri , Dadi and Nani , Yuliantini (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 86 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Israini Febrianti.pdf [thumbnail of Skripsi Israini Febrianti.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Israini Febrianti.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan
hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 86 Kota Bengkulu dengan menggunakan
Model kooperatif tipe STAD “peta konsep” meningkatkan kualitas proses yaitu
dapat memberikan perubahan suasana belajar siswa dan dapat menumbuhkan
semangat, minat, motivasi serta kreativitas berpikir siswa dalam suasana gembira
dan menyenangkan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Penelitian
Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama dua siklus, melalui tahap perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar
observasi dan lembar tes tertulis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu:
(1) Observasi guru pada siklus I diperoleh skor 61.5 nilai rata-rata 30.75 dengan
kriteria “baik”. Nilai observasi guru meningkat pada siklus II di peroleh skor 68,5
nilai rata-rata 34.25 dengan kriteria “baik”. (2) Observasi siswa siklus I diperoleh
skor 63,5 nilai rata-rata 31,75 dengan kriteria “baik”. Nilai observasi siswa
meningkat pada siklus II 68,5 nilai rata-rata 34.25 dengan kriteria “baik”. (3) Nilai
LDS siklus I 7.09 ketuntasan belajar 70,58%. Nilai LDS meningkat pada siklus II
dengan ketuntasan belajar 100%. (4) Nilai tes siklus I di peroleh skor 6,87
ketuntasan belajar 64,70%. Nilai tes siswa meningkat pada siklus II 7.44 dengan
ketuntasan belajar klasikal 73,52%. (5) Nilai afektif siklus I ketuntasan belajar
26,47%.Nilai afektif meningkat pada siklus II ketuntasan belajar 85,29%. (6)
Nilai psikomotor siklus I ketuntasan belajar 64,70%. Nilai psikomotor meningkat
pada siklus II dengan ketuntasan belajar 91,17%. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media peta konsep Untuk
Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 86 Kota
Bengkulu. Maka disarankan kepada guru untuk menggunakan “Model
pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media peta konsep”
dalam pembelajaran IPS khusus nya kelas rendah IV.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 16:21 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 16:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4949 |