PENGGUNAAN MEDIA AUDIO MELALUI PERANGKAT ADOBE AUDITION (AA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 35 KOTA BENGKULU

Ramadhani, , Jaya and Daimun , Hambali and Sri , Ken Kustianti (2012) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO MELALUI PERANGKAT ADOBE AUDITION (AA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 35 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Jaya Ramadhani.pdf] Text
Skripsi Jaya Ramadhani.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan
mengembangkan karakter siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD
Negeri 35 Kota Bengkulu dengan menggunakan media audio melalui perangkat AA.
Penelitian yang dilakukan adalah Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang
dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V
SD Negeri 35 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan
lembar tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor
terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk tiap kriteria, sedangkan data tes
dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan
belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu pada siklus I rata-rata nilai
pengamatan guru 30,5 termasuk kategori “Cukup”, sedangkan rata-rata nilai
pengamatan siswa 30,5 termasuk kategori “Cukup” dan persentase ketuntasan belajar
siswa sebesar 45,23% dengan nilai rata-rata 71,90. Pada siklus II rata-rata nilai
pengamatan guru 35,5 termasuk kategori “Baik”, sedangkan rata-rata nilai
pengamatan siswa 37 termasuk dalam kategori “Baik” dan persentase ketuntasan
belajar siswa meningkat menjadi sebesar 83,33% dengan nilai rata-rata 79,52. Nilai
karakter siswa yang mencapai kriteria “Membudaya secara konsisten” meningkat
pada pada siklus berikutnya, sikap dengan peningkatan tertinggi adalah “kreatif”
dengan peningkatan sebesar 22,61%, dan peningkatan terendah adalah “kritis”,
dengan persentase masing-masing sebesar 11,91%. Psikomotor siswa yang mencapai
kategori “Sangat Terampil” meningkat pada siklus berikutnya, keterampilan yang
mengalami peningkatan tertinggi “mempertajam” dengan persentase peningkatan
sebesar 25%. Keterampilan psikomotor dengan persentase peningkatan paling rendah
adalah “mengidentifikasi dan mengoperasikan” dengan persentase sebesar 21,43%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Menggunakan media
audio melalui perangkat AA dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan
mengembangkan karakter siswa di kelas V SD Negeri 35 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 16:32
Last Modified: 18 Dec 2013 16:32
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4951

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200