Kusmirawati, Kusmirawati and Lukman, Lukman and Wurjinem, Wurjinem (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTERAKSI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VA SD NEGERI 27 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Kusmirawati.pdf [thumbnail of Skripsi Kusmirawati.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Kusmirawati.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (20MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi
interaksi pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VA SD
Negeri 27 Kota Bengkulu. Dengan adanya permasalahan tersebut maka, penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi pembelajaran dan faktor-faktor yang
mempengaruhi interaksi pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di
kelas Va SD Negeri 27 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif-
kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang
digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis
melalui reduksi data, display data dan verifikasi data. Dari analisis data menunjukkan
bahwa
faktor-faktor
yang
mempengaruhi
interaksi
pembelajaran
Pendidikan
Kewarganegaraan di kelas VA ini yaitu, guru mengajar tidak sesuai dengan prosedur yang
ada di RPP. Seperti pada kegiatan awal, guru tidak melakukan apersepi dan tidak
memyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Metode yang digunakan guru
dalam mengajar belum bervariasi, begitu juga dengan pendekatan pembelajaran, masi
sangat tradisional. Guru juga tidak menggunakan media pada saat melakukan
pembelajaran, serta sumber pembelajaran tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Guru juga
jarang memberikan evaluasi pembelajaran, serta tindak lanjut tidak pernah guru berikan
kepada siswa. Sikap siswa dalam menerima pembelajaran ada yang aktif, ada yang
mengobrol, ada yang gelisah bahkan ada yang termenung. Saran dari peneliti, untuk
membangun adanya interaksi yang efektif dalam proses pembelajaran, guru perlu
memperhatikan komponen pembelajaran sebelum mengajar. Guru juga harus memprogram
dan merencanakan kegiatan pembelajaran dengan sebaik-baiknya agar pembelajaran yang
disampaikan guru dapat teratur, terarah bahkan bermanfaat.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 16:48 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 16:48 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4954 |