Daniati, , Maria Eva and Puspa , Djuwita and Hasnawati, Hasnawati (2012) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SDN 86 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Maria Eva Daniati.pdf [thumbnail of Skripsi Maria Eva Daniati.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Maria Eva Daniati.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis
siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 86 Kota Bengkulu dengan
menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yang
dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseacrh) yang
dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi.
Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar
penilaian kemampuan berpikir kritis, kerja kelompok serta lembar tes tertulis
dalam bentuk essay. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai
rata-rata skor observasi guru sebesar 33,5 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor
observasi siswa sebesar 33 dengan kriteria baik, pada siklus II rata-rata skor
observasi guru sebesar 34 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa
sebesar 33,5 dengan kriteria baik. Hasil presentase kemampuan berpikir kritis
siswa pada siklus 1 pertemuan I sebesar 58,24% dan pertemuan II 61,76% pada
siklus II presentase berpikir kritis meningkat menjadi 69,35% pada pertemuan I
77,19% pertemuan II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan
Model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri 86 Kota Bengkulu meningkat.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 17:07 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 17:07 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4956 |