Pratama, Albert and Padi, Utomo and Amrizal, Amrizal (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT UNTUK MENEMUKAN IDE POKOK DENGAN TEKNIK SKIPPING AYUNAN VISUAL PADA SISWA KELAS X 2 SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![ALBERT PRATAMA -2.pdf [thumbnail of ALBERT PRATAMA -2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ALBERT PRATAMA -2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca cepat untuk
menemukan ide pokok pada siswa kelas X 2 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu melalui teknik
skipping ayunan visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
dilakukan dengan dua siklus. Prosedur penelitian yang digunakan adalah prosedur penelitian
tindakan kelas model Arikunto, yaitu dengan dilakukannya beberapa langkah penelitian yang
meliputi (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi.
Sumber data penelitian ini berasal dari hasil penelitian tindakan siklus I dan siklus II. Analisis
data dilakukan dengan (1) mengumpulkan data, (2) reduksi data, (3) penyimpulan data.
Berdasarkan hasil penelitian menunujukkan bahwa teknik skipping ayunan visual dapat
meningkatkan kemampuan membaca cepat untuk menemukan ide pokok siswa kelas X 2
SMAN 8 Kota Bengkulu. Hal tersebut terbukti dengan respon siswa dalam mengikuti
pembelajaran lebih antusias dan hasilnya pun sangat menggembirakan jika dibandingkan
dengan kemampuan membaca cepat untuk menemukan ide pokok siswa pada awalnya. Hasil
tes pada siklus I kecepatan membaca siswa (KEM) 26 siswa atau 65% dari 40 siswa yang
kecepatan membaca di atas 250, pada siklus II kecepatan membaca siswa (KEM) sebesar
77,5% atau 31 siswa yang kecepatan membacanya di atas 250 kpm nilai rata-rata 73,04. Dan
memahami ide pokok teks bacaan pada siklus I, yaitu 70%, pada siklus II menjadi 80%.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 23:38 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 23:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4957 |