PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012

Sumartina, Leiza and Agus , Joko Purwadi and Arifin, Arifin (2012) PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Leiza Sumartina.pdf] Text
Leiza Sumartina.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bahasa Indonesia
pada anak Tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu.
Sumber data penelitian ini berasal dari guru dan siswa kelas VB (bagian C)
SDLB Negeri Kota Bengkulu sebagai subjek penelitian. Data penelitian berupa
kegiatan belajar mengajar bahasa Indonesia yang berlangsung di kelas VB (bagian C)
Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara, rekaman, dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan analisis kualitatif meliputi tiga akhir kegiatan terjadi secara
bersamaan dan terus menerus selama dan setelah pengumpulan data, yaitu: 1)
Reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan/verifikasi.
Dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dari
tahap persiapan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan evaluasi.
Penggunaan bahasa pada siswa tunagrahita dan gangguan-gangguan yang dialami
siswa tunagrahita.
Dari penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa bahwa pembelajaran bahasa
Indonesia di SDLB Negeri Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2011/2012, tidak begitu
berbeda dengan pembelajaran bahasa Indonesia untuk anak normal lainnya.
Penggunaan bahasa siswa tunagrahita sangat sederhana dan tidak terjadi
kompleksitas pada kalimat-kalimat yang diucapkannya. Gangguan-gangguan yang
sering dialami siswa tunagrahita ketika belajar bahasa Indonesia terutama pelajaran
membaca dan berbicara adalah gangguan pada ujaran (artikulator) yang
menyebabkan pengucapan yang kurang jelas dan berulang-ulang.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 23:54
Last Modified: 18 Dec 2013 23:54
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4961

Actions (login required)

View Item
View Item