TEKNIK BERTANYA GURU DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Marlinda, , Lina and Agus , Joko Purwadi and Arifin, Arifin (2012) TEKNIK BERTANYA GURU DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of LINA MARLINDA.pdf] Text
LINA MARLINDA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana teknik bertanya guru dan respon
siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIIIa SMP Negeri 11 kota Bengkulu
tahun ajaran 2011/2012. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan teknik
bertanya guru dan respon siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP
Negeri 11 Kota Bengkulu, subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIIIa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data melalui observasi dan rekaman. Data dianalisis berdasarkan pada teknik
bertanya dasar dan teknik bertanya lanjut serta respon siswa dalam pembelajaran bahasa
Indonesia. Teknik bertanya lanjut ada 7 komponen, yaitu: (1) teknik pengungkapan
pertanyaan secara jelas dan singkat, (2) pemberian acuan, (3) pemusatan, (4) pemindahan
giliran, (5) penyebaran, (6) pemberian waktu berpikir, dan (7) pemberian tuntunan.
Sedangkan teknik bertanya lanjut ada 4, yaitu: (1) pengubahan tuntutan tingkat kognitif
dalam menjawab pertanyaan, (2) pengaturan urutan pertanyaan, (3) penggunaan pertanyaan
pelacak, dan (4) peningkatan terjadinya interaksi. Berdasarkan hasil penelitian teknik
bertanya dan respon siswa ada satu teknik yang tidak digunakan dalam teknik bertanya lanjut,
yaitu pengubahan tuntutan tingkat kognitif dalam menjawab pertanyaan. Respon siswa
dalam menjawab ada dua cara, yaitu secara individu dan menjawab secara serentak.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 23:56
Last Modified: 18 Dec 2013 23:56
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4962

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200