PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VI SD NEGERI 67 KOTA BENGKULU

Herdianti, Meri and Padi, Utomo and Catur, Wulandari (2012) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VI SD NEGERI 67 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of MERI HERDIANTI-0.pdf] Text
MERI HERDIANTI-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini
adalah: Bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VI SD
Negeri 67 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran
mengenai pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas VI B SD Negeri
67 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VI B di SD
negeri 67 kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
observasi, wawancara, rekaman, dokumentasi. Analisis data yang digunakan
dengan: pengumpulan data, klasifikasi data, reduksi data, display data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa
Indonesia kelas VI B SD Negeri 67 Kota Bengkulu guru belum mempersiapkan
perencanaan pembelajaran dilaksanakan dengan maksimal. Pengorganisasian
pemilihan materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber pembelajaran,
media pembelajaran belum dipersiapkan guru dengan lengkap. Pada pelaksanaan
pembelajaran guru telah melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan
prosedur, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup. Evaluasi pembelajaran
dilakukan guru dengan cara memberi tugas dan latihan kepada siswa. Simpulan
penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melakukan perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran namun belum
dilaksanakan secara maksimal. Penulis memberikan beberapa saran: (1)
Bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan guru akan membantu
meningkatkan hasil pembelajaran (2) Dengan kurangnya sarana dan prasarana
yang ada guru dapat memanfaatkan lingungan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 23:59
Last Modified: 18 Dec 2013 23:59
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4963

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200