PENGGUNAAN VALUE CLARIFICATION DENGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA), SIKAP ILMIAH, DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (SD)

Winarni, Endang Widi (2012) PENGGUNAAN VALUE CLARIFICATION DENGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA), SIKAP ILMIAH, DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (SD). EXACTA, 10 (2). pp. 106-110. ISSN 1412-3617

[thumbnail of Journal]
Preview
Text (Journal)
01. Endang Widi Winarni.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (45kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas pembelajaran IPA, sikap ilmiah, dan hasil belajar
menggunakan pendekatan value clarification dengan media Computer Assisted Instruction (CAI) melalui
lesson study. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 09 Kota Bengkulu pada semester I
tahun ajaran 2010/2011. Lesson study ini dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan (plan),
pelaksanaan (do), dan pengamatan (see). Masing-masing tahap tersebut dilaksanakan sebanyak dua siklus.
Siklus I dilakukan pada materi “Penyesuaian diri makhluk hidup untuk memperoleh makanan” dan siklus II
pada materi “Penyesuaian diri makhluk hidup untuk melindungi diri dari musuh”. Kesimpulan yang diperoleh
dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan value clarification dengan media komputer CAI melalui
lesson study dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran, sikap ilmiah, dan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 22 Mar 2013 00:45
Last Modified: 22 Mar 2013 00:45
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/498

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200