Nengsi, Norma and Sumarsih, Sumarsih and Afifatus , Sholihah (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK MELALUI BERMAIN LEGO PADA ANAK KELOMPOK B2 TK AISYIYAH IX KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![NORMA NENGSI.pdf [thumbnail of NORMA NENGSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NORMA NENGSI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini secara umum adalah “Apakah
kemampuan sosial anak dapat ditingkatkan melalui bermain Lego pada anak
kelompok B2 TK. Aisyiyah IX Pekan Sabtu Kota Bengkulu ?” sedangkan
rumusan masalah secara khusus adalah
1. Apakah melalui bermain lego dapat meningkatkan kemampuan sosial anak
dalam bekerjasama ?, 2. Apakah melalui bermain lego dapat meningkatkan
kemampuan sosial anak dalam berkomunikasi?, 3.Apakah melalui bermain
lego dapat meningkatkan kemampuan sosial anak dalam menghargai
pendapat teman ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan sosial anak melalui permainan Lego. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian di TK. Aisyiyah
IX Kel. Pekan Sabtu Kota Bengkulu. Subjek penelitian adalah anak-anak
kelompok B2 TK. Aisyiyah IX. Subjek penelitian berjumlah 12 orang, yang
terdiri dari 7 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Teknik pengumpulan
data dengan menggunakan observasi, wawancara dan hasil karya. Penelitian
ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang diawali dengan tindakan( planning),
pelaksanaan tindakan (Action), pengamatan (observation),dan melakukan
refleksi (reflection) dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang
diharapkan dapat tercapai. Hasil penelitian setelah melalui dua siklus
menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan sosial anak siklus I yaitu 3,25
dengan kategori baik, dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 3,75
dengan kategori sangat baik. Dan berdasarkan rumus persentase maka
didapat data pada siklus I yang sudah dapat bekerjasama, berkomunikasi
dan menghargai pendapat teman (41,6%) dengan kategori baik, dan pada
siklus II (75%) dengan kategori sangat baik. Dengan demikian kemampuan
sosial anak mengalami peningkatan sebesar 33,4% (siklus II – siklus I ).
Karena pada siklus II telah menunjukkan hasil yang lebih baik, maka
penelitian dihentikan hanya sampai siklus II. Sehingga secara umum dapat
disimpulkan bahwa “kemampuan sosial anak kelompok B2 TK Aisyiyah IX
Kota Bengkulu dapat meningkat melalui bermain lego”. Sedangkan secara
khusus dapat disimpulkan bahwa : 1. Penerapan bermain lego dapat
meningkatkan kemampuan sosial anak dalam bekerjasama, 2. Penerapan
bermain lego dapat meningkatkan kemampuan sosial anak dalam
berkomunikasi, 3. Penerapan bermain lego dapat meningkatkan kemampuan
sosial anak dalam menghargai pendapat teman.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 08:15 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 08:15 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4988 |