Hayu Kartika, Primanti and Sumarsih, Sumarsih and Afifatus , Sholihah (2012) MENUMBUHKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN EDUKATIF DARI BAHAN LIMBAH DENGAN BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK B TK RAFLESSIA KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI PRIMANTI HAYU KARTIKA.pdf [thumbnail of SKRIPSI PRIMANTI HAYU KARTIKA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI PRIMANTI HAYU KARTIKA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Kreativitas anak belum berkembang
secara maksimal, sebagian anak masih tergantung dengan contoh yang diberikan
oleh guru. Hal ini disebabkan oleh beberapa factor antara lain, pembelajaran yang
diberikan guru hanya tergantung dengan buku-buku kegiatan yang diperoleh dari
diknas setempat, kurangnya alat permainan yang disediakan oleh sekolah.
Sedangkan tujuannya untuk mengetahui apakah kreativitas anak dapat ditingkatkan
dengan menggunakan alat permainan edukatif dari kardus bekas dan meningkatkan
pemahaman anak dalam mengenal 5 macam bentuk geometri dengan
menggunakan media potongan dari kardus bekas. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian anak kelompok B Taman
kanak-kanak Raflesia Kota Bengkulu tahun ajaran 2010-2011 berjumlah 14 orang
anak, yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Penelitian
dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : (1)
perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi,(4) refleksi. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan menggunakan teknik observasi. Lembar observasi
anak digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas anak di kelas ketika proses
belajar mengajar berlangsung. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan
diketahui bahwa melalui alat permainan edukatif dari bahan limbah (kardus bekas)
dapat meningkatkan kreativitas anak untuk usia Taman kanak-kanak. Hal ini dapat
terlihat dari keberhasilan anak pada siklus pertama (40,47%), dan siklus kedua
meningkat sebanyak (73,80%). Berdasarkan dari uraian mengenai hasil dan
pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif dari
kardus bekas dengan bentuk geometri dapat meningkatkan kreativitas anak di
Taman kanak-kanak Raflesia Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 08:17 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 08:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4989 |