Aprianto, Aprianto and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Ismail, Ismail (2012) PENGGUNAAN METODE SAS DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS I SDN 56 KECAMATAN SEGINIM KABUPATEN BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![APRIANTO.pdf [thumbnail of APRIANTO.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
APRIANTO.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (988kB)
Abstract
Penggunaan metode sas dalam peningkatkan kemampuan membaca
permulaan di kelas I SDN 56 Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu
Selatan yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
dengan menggunakan metode SAS untuk meningkatkan kemampuan
membaca kelas 1 SDN 56 Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan.
Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan
membaca siswa kelas 1 SDN 56 Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu
Selatan. Melalui penelitian ini diharapkan dapat dapat meningkatkan
kemampuan membaca siswa setelah menggunakan pembelajaran dengan
metode SAS. Penelitian ini dilakukan kelas 1 SDN 56 Kecamatan Seginim
Kabupaten Bengkulu Selatan dengan jumlah siswa 20 orang. Pengumpulan
data tentang peningkatan-peningkatan hasil belajar siswa dalam peningkatan
membaca siswa dengan menggunakan metode SAS diambil melalui tes,
sehingga persentase ketuntasan klasikal dapat diukur. Hasil penelitian ini
menunjukkan
bahwa
dengan
menggunakan
metode
SAS
dalam
pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar. Ini dapat dilihat dari hasil
penelitian pada pra siklus diperoleh nilai rata-rata 60,75 % dengan ketuntaan
belajar 22,2%, siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 65 dengan ketuntasan
klasilkal 50 % dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 78 dengan
ketuntasan klasikal mencapai 90 %. Jadi setiap terjadi perlakuan tindakan
terdapat penambahan peningkatan hasil belajar siswa. Dari data di atas
dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran dengan metode SAS
dalam meningkatkan kemampuanmembaca siswa kelas 1 SDN 56
Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan dapat meningkatkan hasil
belajar siswa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 08:54 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 08:54 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5001 |