Putra, , Andri and Puspa , Djuwita and Wurjinem, Wurjinem (2012) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DAN METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS V DI SD NEGERI 103 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Andri Putra-0.pdf [thumbnail of Skripsi Andri Putra-0.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Andri Putra-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran PKn yang menggunakan metode diskusi kelompok dan
menggunakan metode penugasan dikelas V SDN 103 Kota Bengkulu. Penelitian
ini mendapatkan perlakuan sebanyak 8 kali yakni penggunaan metode diskusi
kelompok sebanyak 4 kali dan penggunaan metode penugasan sebanyak 4 kali
pada mata pelajaran yang sama. Penelitian menggunakan populasi yaitu seluruh
siswa kelas V SDN 103 Kota Bengkulu, yang merupakan sampel dari penelitian
di SDN 103 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan tes dan dokumentasi berupa foto-foto siswa. Teknik analisis data
dilakukan dengan perhitungan statistik t-tes. Uji t yang dilakukan diperoleh nilai
thit = 8,28 dan ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,00 dan ttabel pada taraf signifikan
1% = 2,66. Jadi thit > ttabel yang artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar PKn
siswa yang menggunakan metode diskusi kelompok dan dengan menggunakan
metode penugasan pada kelas V SDN 103 Kota Bengkulu. Berdasarkan nilai rata-
rata hasil belajar siswa untuk kelas V SDN 103 Kota Bengkulu yang
menggunakan metode diskusi kelompok yaitu sebesar 7,67 sedangkan nilai rata-
rata hasil belajar yang menggunakan metode penugasan adalah sebesar 5,79.
Maka dapat disimpulkan bahwa nilai hasil belajar PKn siswa pada kelas V SDN
103 Kota Bengkulu dalam pembelajaran metode diskusi kelompok lebih tinggi
daripada pembelajaran yang menggunakan metode penugasan.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 09:23 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 09:23 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5010 |