PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 121 BENGKULU SELATAN

Qinno, Alva and Sazili, Muchtar and Resnani, Resnani (2012) PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 121 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of ALVA QINNO.pdf] Text
ALVA QINNO.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (905kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dan
prestasi kelas IV mata pelajaran IPS dengan SDN 121 Kabupaten Bengkulu
Selatan melalui penerapan model belajar kooperatif tipe STAD Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 121 Bengkulu Selatan. Metode
dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus
yang tiap-tiap siklus terdiri dari perencanaan (plan), pelaksanaan (action),
pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Instrumen yang digunakan
adalah lembar observasi dan lembar tes. Data observasi dianalisis dengan
rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai
untuk setiap kriteria, sedfangkan data tes dianalisis dengan menggunakan
rumus rata-rata nilai dan presentase ketuntasan belajar klasikal .Kesimpulan
dari peneleitian ini adalah : 1). Pembelajaran dengan menggunakan metode
STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar;2). Pembelajaran dengan
menggunakan metode STAD meningkatkan prestasi belajar siswa
pembelajaran IPS kelas IV di SDN 121 Kabupaten Bengkulu Selatan; 3).
Dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode STAD sudah
berjalan dengan baik, baik untuk aktifitas guru maupun aktifitas siswa.
Peningkatan dari siklus I dengan skor 23 menjadi 30 pada siklus II dari
kriteria cukup ke kriteria baik untuk guru serta dari skor 23,5 menjadi 31 pada
siklus II untuk keaktifan siswa dari cukup ke baik menunjukkan bahwa
metode yang dipakai telah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 09:25
Last Modified: 19 Dec 2013 09:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5011

Actions (login required)

View Item
View Item