UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Bundari, Bundari and Rosane, Medriati and Sri , Ken Kustianti (2012) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Bundari-0.pdf] Text
Skripsi Bundari-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan peningkatan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 17 Kota Bengkulu melalui
metode Discovery Learning. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian
tindakan kelas (Class Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus,
setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan
tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri
dari lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian afektif dan
psikomotorserta lembar tes tertulis dalam bentuk essay. Data hasil belajar yang
diperoleh dianalisis secara deskriptif dan mengacu pada ketuntasan belajar
klasikal.dari analisis data menunjukkan pada siklus Idiperoleh nilai rata-rata skor
observasi guru sebesar 22,5 dengan kriteria cukup, dan rata-rata skor observasi
aktivitas siswa sebesar 21,75 dengan kriteria cukup. Pada siklus II rata-rata skor
observasi guru meningkat sebesar 29 dengan kriteria baik dan rata-rata skor
observasi aktivitas siswa meningkat sebesar 28,75 dengan kriteria baik.
Peningkatan
aktivitas
siswa
tersebut
yaitu
kemampuan
menganalisis,
memecahkan masalah, bekerjasama dalam memecahkan masalah, berpendapat
mengenai permaslahan dan mampu menyimpulkan hasil akhir daripemecahan
masalah. Dan peningkatan aktivitas guru yaitu guru sebagai pembimbing,
motivator dan fasilitator. Kemudian pada lembar penilaian afektif pada siklus I
ketuntasan belajar hanya 60 % dan pada siklus II meningkat menjadi 100%.
Sedangkan psikomotor pada siklus I diperoleh nilai ketuntasan belajar sebesar
50% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,66%. Hasil analisis ketuntasan
belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 53,33%dengan nilai rata-rata 6,3.
Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 83,33%
dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 7,31. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode Discovery Learning dapat meningkatkan
aktivitas siswa pada mata pelajaran IPA serta dapat meningkatkan hasil belajar
khususnya siswa kelas kelas IV SD Negeri 17 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 15:06
Last Modified: 19 Dec 2013 15:06
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5034

Actions (login required)

View Item
View Item